Pengalamanku lulus SBMPTN ITB 2017 + UTUL UGM 2017

Disini aku mau menepati janji yang aku buat ketika aku sedang berjuang menghadapi SBMPTN 2017. Waktu itu aku berjanji akan membagikan pengalamanku seandainya aku keterima SBMPTN pilihan pertama. Karena, aku dulu merasa sangat terbantu dengan membaca pengalaman orang seperti ini. Aku harap pengalamanku ini dapat memberi manfaat bagi kalian yang membacanya.

Selamat membaca!

Jadi, dari awal aku udah yakin kalo aku gak akan keterima  SNMPTN. Secara, dilihat dari nilaiku dan keinginanku itu gak selaras. Nilaku tuh biasa aja.. sementara keinginanku tuh bisa dibilang tinggi.. Aku waktu SNMPTN milih SF-ITB dan FMIPA-ITB.  Bener aja dugaanku.. aku gak keterima SNMPTN. Tapi, aku gak sedih.. soalnya aku tau diri. Waktu SMA aku belajarnya gak bener. SMA itu bener-bener masa paling rendah dalam bidang pelajaran di hidup aku.. Ada beberapa hal yang sebaiknya gak aku sebutin yang ngebuat semangat aku untuk belajar drop sedrop-dropnya.. Untungnya aku bisa bangkit di tahun terakhir SMA. Disana aku mikir, aku udah cape-cape belajar dari kecil sampai kelulusan SMP, prestasiku selama itu juga bagus, orangtuaku udah susah payah ngebesarin aku, masa iya aku harus gagal? Aku gak mau.. Apalagi kalo inget orangtua yang berharap banget sama aku..

Untungnya aku yakin aku gak bakal keterima SNMPTN. Itu bener-bener ngebantu aku. Aku jadi mempersiapkan SBMPTN sejak pertengahan Januari 2017. Aku bener-bener gak peduli sama UN. Soalnya menurut data, hampir seratus persen murid SMA lulus sekolah. Tapi, cuma belasan persen yang lulus SBMPTN. Sejak pertengahan januari sampai pertengahan maret aku belajar SBMPTN tapi 'rada asal'. Soalnya, aku gak tau dari mana aku harus belajar. Aku sangat concern sama sumber belajar. Aku gak mau belajar dari 'buku asal-asalan'. Aku waktu itu belajar alakadarnya aja dari buku-buku yang aku punya di rumah yang aku percaya mutunya. Aku belajar dari buku persiapan UN judulnya 'Detik-Detik' sama buku kumpulan rumusnya bimbel GO. Menurutku itu bagus, untuk nginget-nginget lagi pelajaran yang dulu-dulu sama untuk memantapkan basic. Tapikan, buku-buku itu lebih kearah persiapan UN. Aku waktu itu belum nemu bahan yang memang diperuntukan untuk persiapan SBMPTN.
FYI, ini pilihanku waktu SBMPTN :
1. SF-ITB
2.FMIPA-ITB
3. Kimia-UNPAD

Suatu waktu aku panik, karena sadar waktu untuk mempersiapkan SBMPTN tinggal dua setengah bulan. Sementara, aku belum nemu materi khusus buat belajar SBMPTN. Berbekal kekepoanku sama temen-temenku dan hasil searching di google.. Aku pun mantap memilih untuk belajar dari zenius dan wangsit. Aku belajar dari sana pas banget H-2 bulan SBMPTN. Aku belajar tuh sampai belasan jam sehari selama dua bulan itu. Menurutku, zenius tuh bagus banget! Aku suka banget cara ngajarnya zenius. Disana kita bener-bener belajar konsep. Jadi, aku belajar materi dari zenius dan latihan soal dari wangsit. Wangsit tuh isinya kumpulan soal dan pembahasan SBMPTN tahun-tahun lalu. Aku sebenarnya ikut bimbel juga.. Tapi, aku sarankan kalian gak usah ikut bimbel. Aku pribadi pun nyesel ikut bimbel.  Bimbel itu mahal (Aku habis hampir 14 juta) dan gak worth it sih kalo menurutku. Absensi aku pun di bimbel kayanya cuma mencapai lima puluh persen. Karena, menurutku belajar dari bahan-bahan yang aku kasih tau tadi (detik-detik, wangsit, kumpulan rumus GO, zenius) itu udah sangat cukup.

Tibalah hari SBMPTN.. Sebelumnya aku udah minta doa dari banyak orang dan mendoakan temen-temen seperjuanganku juga. Aku makan pagi dulu empat sehat lima sempurna. Aku sampai di lokasi ujian satu seperempat jam sebelum ujian. Sebelum ujian aku ngobrol-ngobrol sama orang yang ada di sebelahku.. kita saling menyemangati. Panitia menyuruh para peserta ujian masuk ruangan. Aku coba untuk serileks mungkin. Sesi pertama adalah SAINTEK. Soal SAINTEK parah banget pokoknya gila itu soal susah banget.. aku cuma bisa ngerjain 22 soal dari enam puluh soal. Terus istirahat. Sesi terakhir TPA. Nah di TPA ini aku bener-bener sial.. di ruanganku soal telat dibagiin lima menit.. lima menit itu sangat berarti loh.. Terus parahnya lagi, si pengawasnya ngobrol... dari awal sampai akhir TPA.. dan anak di sebelah aku mendadak sakit flu.. dia 'insrek-insrekan'.. dan aku tuh tipe orang yang sangat sangat sangat gak bisa ada suara kalo lagi belajar atau ngerjain soal. Suara tuh bener-bener hal yang paling ngeganggu aku. Kalo kalian pernah sekelas sama aku.. kalian pasti tau gimana kebiasaan belajar aku.. Disana aku bener-bener gak konsen.. aku ingin banget nangis.. ingin marahin pengawasnya.. tapi gak bisa.. disana aku cuma pasrah.. aku nangis dalem hati.. Alhasil aku cuma bisa ngerjain 68 soal dari sembilan puluh soal. Keluar dari ruangan Ayah nanya, "Gimana tadi bisa?" Sambil senyum. Aku bener-bener kacau pokoknya disana.. Ini tuh penting banget bagi aku.. ITB itu mimpi aku dari masih SD.. Ini tuh jalan terakhir aku buat bisa kuliah di ITB tahun ini. Aku gak mau sampai ngulang tahun depan. Aku bener-bener udah ngorbanin literally everything selama empat bulan menjelang SBMPTN. Aku bela-belain suka bolos sekolah, karena di sekolahku guru sering gak masuk.. dan ilmu yang aku dapet tuh gak se-worth it ketika aku belajar sendiri. Aku bela-belain jarang main. Kayak gak ada social life pokoknya menjelang SBMPTN itu. Tapi, kenapa ada aja hal kaya gitu.. Aku bilang ke ayahku, "Udahlah.. mau pulang aja." Sambil pasang muka menyedihkan sambil ingin marah.. Ingin banget nangis.. tapi gak bisa.. Aku dari sana udah pasrah banget sama SBMPTN.. Bahkan pilihan ketiga pun aku ragu.. Padahal sebelumnya aku yakin, pilihan ketiga inshaallah masuk.. dilihat dari hasil TO aku.. Dari awal gak pernah kurang dari PG pilihan ketiga. Pulangnya aku langsung daftar UTUL UGM. Itu tuh hari terakhir pendaftaran. Aku gak konsul sama orang tua, ditanya orang tua juga gak mau jawab. Karena emang lagi down banget aku..
Pilihan UTULku waktu itu :
1. Farmasi
2. Ilmu Gizi
3. Kimia
Hidup gak tenang pokoknya.. UTUL UGM tuh dilaksanain kalo gak salah enam hari setelah SBMPTN. Aku kebagian tes di Jogja. Oke gak apa-apa jauh-jauh dari Bandung ke Jogja demi masa depan. Sesudah SBMPTN itu aku tetap belajar buat UTUL. Kalo buat UTUL tuh coba pelajari soal-soal tahun sebelumnya.. karena setipe. Soalnya gak sesusah SBMPTN  tapi gak segampang UN. Aku seneng parah waktu ngerjain soal UTUL tuh.. soalnya, kondisi ujiannya kontras banget sama waktu aku ngerjain SBMPTN. Waktu ngerjain UTUL tuh tertib pokoknya.. Soal dibagikan dan ditarik tepat waktu, hening, pengawas mengawasi dengan amat baik. Aku pun lancar ngerjainnya.. Hanya sedikit waktu yang terbuang.. karena tersendat di matematika. Aku lupa ngisi berapa.. tapi seingatku dari seluruh soal dijumlah (aku lupa berapa jumlah soalnya).. singetku gak keisi empat puluh. Tipsnya coba kerjain dari yang menurutmu gampang dulu.. karena kayanya susah juga buat ngisi semuanya. Beres UTUL tuh aku seneeeeng banget.. kaya ada harapan aja bakal keterima UGM. Tapi, begitu denger kabar (gatau bener gatau engga) kalo yang  diprioritaskan adalah pilihan pertama dan orang jogjanya.. aku jadi yakin gak keterima.. Aku nyesel, kenapa gak milih ilmu gizi aja.. Tapi, yaudahlah.

Pulang ke Bandung aku langsung cari tau berbagai  UM dan PTS.. Akhirnya aku daftar ATMI IPB. Udah baca-baca juga tentang berbagai PTS.. Waktu itu aku udah ngincer ITENAS, UNPAR, sama UNJANI. Pokoknya, aku tuh dulu udah pesimis banget sama PTN..

Akhirnya hari pengumuman tiba.. Pengumuman dibuka pukul 14.00. Sengaja H-1 pengumuman aku begadang biar pas hari pengumuman aku tidur aja.. Eh, jam 13.30  Mamah nelefon.. jadi deh kebangun.. Aku tungguin aja tuh pengumuman. Akhirnya 3..2..1.. Sebelum liat hasil.. aku berikrar dalam hati.. Aku bakal jadi anak baik dan aku bakal lakuin yang terbaik kalo aku sampai keterima di ITB.. Aku buka tuh.. eh error.. buka lagi.. akhirnya kebuka.. Aku baca..


GILAAAA.. Aku bener-bener gak nyangka.. Perasaannya tuh ya.. duh, gak bisa digambarin. Parah  pokoknya senengnya bukan main.. Aku langsung telepon Ayahku sambil nangis.. Ayahku ikutan nangis juga.. Aku telefon mamahku.. Mamah malah gak percaya aku diterima ITB.. sampai nelefon balik. Mamah mah ketawa aja.. Soalnya mamah tau gimana aku setelah SBMPTN itu.. Pokoknya sebelum pengumuman SBMPTN aku tuh suka tiba-tiba nangis gitu.. gara-gara inget tragedi SBMPTN.. Jadi, mamah shock juga kali aku lulus SBMPTN. Pilihan pertama lagi.. Tenang banget pokoknya hidup aku dari sana.. mau main kemana-mana sekarang bebas.. Gak kaya dulu, mau keluar dari rumah aja rasanya bersalah.. soalnya belum dapet tempat kuliah.

Selang beberapa hari pengumuman SBMPTN.. dibukalah pengumuman UTUL UGM.. Disana penasaran juga sihh.. Pingin juga aku kuliah di UGM.. Aku suka banget sama Jogja soalnya.. Aku udah pesimis.. Yakin aku gak keterima... Soalnya atas hal yang aku sebutin tadi dan yang daftar UTUL UGM tuh banyak banget sekitar 47 ribu sementara yang keterima sekitar 1900 aja.. Aku buka tuh.. Eh, gak disangka-sangka..


Nangis lagi aku.. Farmasi UGM! Aku langsung teriak manggil Ayah.. Ayahku langsung buru-buru keatas.. Aku nangis pokoknya senangis kaya waktu diterima  SBMPTN.. Terus Ayah aku malah marahin aku katanya jangan nangis, berisik. HAHAHA. Aku telefon Mamah aku juga. Mamah mah ya seneng aja gitu.

Sekian pengalaman SBMPTN dan UTUL UGMku..

Disini aku mau ngasih tips.. Mudah mudahan bermanfaat buat kalian..
1. Jangan pernah berharap dan mikir kalo kalian bakal keterima SNMPTN. Jangan pernah! Even kalian juara umum sekali pun.
2. Gak usah terlalu belajar buat persiapan UN, fokus belajar buat persiapan SBMPTN.
3. Bahan belajar yang bagus menurutku : Detik-detik & Kumpulan rumus GO ( Buat dasar), lalu dilanjut zenius dan wangsit.
4. Jangan belajar tipe soal, tapi konsep. Percaya aku, dari sekian banyak soal yang aku kerjain.. gak ada satu pun yang keluar di SBMPTN.
5. Coba kalian cari suatu hal yang bakal memotivasi kalian untuk terus belajar. (For example, aku jadiin orangtuaku sebagai trigger aku dikala aku jenuh belajar).
6. Sebisa mungkin stop segala hal yang gak ada sangkut pautnya sama belajar ketika mendekati SBMPTN (aku mulai melakukannya H-4 bulan SBMPTN).
7. Selalu inget kalo penyesalan tuh datang terlambat.
8. Pakai outfit senyaman mungkin ketika ujian.
9. Jaga kesehatan!
10. Kalo ada yang mengganggu kamu ketika ujian, bilang saja. Jangan sampai kamu menyesal. Ingat, ujian ini tuh sangat menentukan masa depan kamu.
11. Banyak berdoa.. Minta doa ke banyak orang, terutama ke orangtua.
12. Lima menit terakhir, cek kelengkapan identitas. Jangan sampai ada yang gak keisi!
13. Banyak baca pengalaman orang di internet.
 




Komentar

  1. Fina selamaaatttt!!! Iya ya kamu kan suka gabisa ngerjain soal kalo ada yg berisik wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih icaaa!! Iya banget:( untungnya keterima.. Sukses caa kuliahnya! <3

      Hapus
  2. Fina selamaaatttt!!! Iya ya kamu kan suka gabisa ngerjain soal kalo ada yg berisik wkwkwkwk

    BalasHapus
  3. hi kak. Kak aku jadi semangat liat tulisan kakak. Aku juga pengen banget lolos SBMPTN SF ITB tahun ini. Karena aku gak mau ngulang sbm tahun depan. Makasih tipsnya kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga keterima ya dek!! Mending sekarang mati-matian dek daripada menyesal dikemudian hari terus ngebuang waktu kamu satu tahun buat ikut sbmptn lagi... aku tunggu ya di ITB. Semangat!

      Hapus
  4. Halo kak, boleh kasitau detail gitu ga kerjain tpa berapa, matdas, bindo, bing, matipa, fisika, kimia, bio berapa pas kakak sbm? Makasih kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seingetku matdas 6, bind 10, bing 10, tpa 42, kim 9, bio 6, fis 3, matipa 4.

      Hapus
  5. Ikut bimbel gak berguna kalau fasilitas di bimbel gak dimanfaatkan dgn maksimal atau salah pilih bimbel.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer